Instrumen Penelitian dan Teknnik Pengumpulan Data

Instrumen memegang peranan penting dalam suatu penelitian. Mutu penelitian sangat dipengaruhi oleh Instrumen penelitian yang digunakan, karena kevalidan dan kesahihan data yang diperoleh dalam suatu penelitian dsangat ditentukan oleh tepat tidaknya dalam memilih instrumen penelitian. Instrumen atau alat pengumpul data  adalah suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian. Data tersebut dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.

Selain mutu penelitian ditentukan oleh ketepatan instrumen yang digunakan juga dipengaruhi oleh prosedur pengumpulan data yang ditempuh. Hal ini dapat difahami bahwa  karena instrumen  berfungsi untuk mengungkapkan  fakta menjadi data,sehigga jika kualitas instrumen yang digunakan baik maka data yang diperoleh juga akan baik, dan sebaliknya jika instrumen yang dipergunakan tidak baik maka data yang diperoleh juga tidak baik sehingga dapat berakibat pada kesalah penarikan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.

Untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian kita dapat menggunakan istrumen yang telah tersedia dan dapat pula menggunakan instrumen  yang dibuat sendiri.(Idrus Austam, 1996) Penggunaan isntrumen yang telah tersedia adalah instrumen yang sudah ditetapkan atau dibakukan  untuk mengumpulkan data variabel penelitian yang telah ditentukan.. Akan tetapi jika istrumen bakua belum tersedia untuk variabel tertentu dalam penelitian tersebut maka peneliti dapat menyusun sendiri instrumen yang yang akan digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian.
 

Menyusun instrumen  pengumpulan data penelitian dilakukan setelah peneliti memahami betul  apa yang  menjadi variabel penelitian. Pemahaman Penelitia terhadap variabel dan hubungan antar variabel aan mempermudah peneliti dalam mennetukan dan menyususn intrumen penelitian yang akan digunakan. Setelah memahami variabel peneliti dapat menyusun  instrumen untuk dapat menjabarkan kedalam  bentuk sub variabel, indikator, deskriptor dan  butir-butir pertanyaan dan angket dalam daftar cocok atau pedoman observasi. Dengan demikian maka instrumen penelitan menajdi hal penting untuk menjaga agar penelitian yang dilakukan tersebut bermutudan berkualitas.

Hal yag terkait jika membicarakan tentang instrumen penelitian adalah tekhnik pengumpulan data penelitian. Jika instrumen penelitian adalah alat bantu yang digunakan dalam penelitian maka tekhnik pengumpulan data adalah merupakan cara atau prosedur yang ditempuh untuk mendapatkan data yang duibutuhkan dalam penelitian Kedua hal tersebut yaitu instrumen penelitian dan tekhnik pengumpulan data adalah merupakan dua hal yang sangat mempengaruhi kualitas data yang diperoleh peneliti dalam suatu penelitian. Sehingga kulaitas data yang dikumpulkan mempengruhi kualitas dan keabsahan serta ketepatan kesimpulan yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian.

Instrumen Penelitian
 

Sebelum penelitian dilaksanakan maka penelitiminimal sudah memeiliki gambaran tentang  variabel yang akan diteliti sekaligus alat apa yang akan digunakan sebagai pengumpul data penelitiannya. Untuk dapat menetapkan jenis instrumen penelitan yang tepat beberapa hal yang harus diketahui oleh peneliti adalah: mengetahui pengertian metode dan istrumen pengumpulan data, mengertahui kedudukan instrumen pengumpulan data, dan mengetahui faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menetukan instrumen pengumpulan data.

Metode dan instrumen Pengumpulan Data

Methode pengumpulan data adalah cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. (Arikunto 2000). Cara menunjuk pada sesuatu yang sangat abstrak, akan tetapi  hanya dapat dilihat pada prosespenggunaannya. Misalnya Angket (questioner), Wawancara atau interview, pengamatan atau observasi,  ujian atau test, dokumentasi atau documentation dan sebagainya. Sedangkan Instrumen Pengumpulan data adalah  alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan  agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya. Instrumen penelitian  yang diartikan sebagai  alat bantu merupakan saran yang dapat diwujudkan  dalam benda misalnya angket (questioner) daftar cock (check List), atau pedoman Wawancara, Lembar pengamatan Soal-soal atau testing, scala dan sebagainya.

Dari pengertian dan perbedaan tersebut diata maka dapat diketahui bahwa terdapat kaitan yantara metode dengan instrumen pengumpulan data. Pemilihan suatu jenis metode pengumpulan data  kadang-kadang memerlukan  lebih dari satu jenis instrumen. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Tabel pasangan Metode dan instrumen Pengumpulan data menurut Arikonto (2000)

Tabel Pasangan Metode dan Instrumen Pengumpulan Data
 
  Untuk Naskah selengkapnya silahkan klik disini

2 comments:

Posting Komentar