Pengantar Konsep Kepublikan


Pengantar Konsep Kepublikan
Pengantar Konsep Kepublikan
Konsep kepublikan dibedakan dengan konsep government dan keperintahan dari LAN. UNDP memperkenalkan politik, economic dan political governance, yang menghasilkan interpretasi yang bermacam-macam yang kemudian mengaburkan konsep governance dari UNDP. Rumusan LAN berkembang menjadi Tata Kepemerintahan yang baik, oleh Gavernance. Perbedaan itu didasarkan karena Tata kepemerintahan yang baik itu berada dalam sistem pemerintah yang didalamnya terdapat Legislatif sebagai Rool Making Body, Eksekutif disebut eksekutif Body, lembaga yang melaksanakan apa yang dibuat oleh legislatif sementra rool ebilicating body oleh yudikatif. Ketiganya harus bersinergi dengan baik.

Menurut UNDP pembangunan tidak hanya dapat digerakkan oleh pemerintah tapi harus melibatkan komponen lain yaitu swasta danmasyarakat. Sehingga dalam pelayanan publik tidak bisa hanya digerakkan oleh pemerintah tetapi harus ada sinergitas dari ketiga komponen tersebut.

Sistem kehidupan nasional (SKN)
Negara ditempatkan sebagai bagian yang integral dari sistem kehidupan Dunia. Konsep kepublikan dalam sistem kehidupan nasional adalah keterkaitan sistemik yang bersinergi secara konstruktif antar komponen pemerintah swasta, dan masyarakat dalam pembangunan dan pelayan publik. Keterkaitan sistemik berarti bahwa ketiga komponen tersebut tidak bisa terpisah satu sama lain dalam pelyanan publik. Hanya dengan keterkaitan sistemik dapat menjamin transparansi, konsistensi, akuntabilitas dan kepastian hukum dalam implementasi kebijakan. Bersinergi secara konstruktif saling menguatkan dengan memanfaatkan potensi secara optimal.

Sistem kehidupan nasional adalah keterkaitan sistemik komponen kepublikan dalam kebijakan pembangunan dalam trigatra dan pancagatra dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara (Lemhanas). Trigatra yaitu sumber daya alam, SDM dan kondisi geografis sebagai kepulauan. Pancagatra yaitu ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertanan keamanan.

Karakteristik pembangunan Trigatra dan pancagatra dalam konteks kepublikan adalah Partenership, Kolaborasi, dan, networking, Konsep kepublikan adalah merupakan konsep New Public policy Architecture  yang mengembangakan sinergitas dan konstruktif komponen pemerintah, swsta dan masyarakat dalam mengefisienkan danmengefektifkan pembangunan dan kepelayanan publlik. Konsep kepublikan terbangun dari konsep Goverance by parnership, colaboratif public management and Managing by networking.

0 comments:

Posting Komentar